13 fakta mengenai ambivert, apakah kamu termasuk?




Mungkin sobat masih asing mendengar kata “ambivert”?. Tapi pasti dong tahu kepribadian introvert dan ekstrovert, dua kepribadian yang bertolak belakang itu. Klasifikasi kepribadian ini pertama kali dipopulerkan oleh Carl Jung. Lalu apa itu Ambivert?. Kepribadian ini membentuk kelompok sendiri dan berada di zona tengah antara ekstrovert dan introvert.




Nah sedikit penjelasan mengenai ekstrovert dan introvert. Ekstrovert adalah orang yang terbuka pada lingkungannya. Kepribadian ini seakan mengisi energinya saat dihadapkan pada keramaian. Suasana sepi membuat ekstrovert semakin tertekan. Pembicaraan orang ekstrovert juga biasanya general dan umum. Sedangkan Introvert berbanding terbalik dengan Ekstrovert. Introvert menganggap keramaian akan membuat energinya terkuras. Kepribadian tertutup, dan suasana yang tenang dan sepi adalah suasana yang nyaman menurut introvert. Selain itu, saat berbicara dengan kepribadian ini, kita akan diajak menuju pembicaraan yang lebih dalam/intim. Lalu bagaimana dengan Ambivert? kepribadian ini hasil persilangan dari dua kepribadian diatas, menjadikan ia membentuk kelompok sendiri. Nah berikut idstyle telah merangkum 13 fakta mengenai ambivert.

1. Salah satu kelemahan dari ambivert ialah moody-an. Perubahan moodnya bisa berubah dengan sangat drastis tergantung situasi dan suasana hatinya.

2. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya namun mereka kurang berinteraksi. Saat berkumpul dengan banyak orang, mereka tidak akan banyak ngomong. Bukan anti sosial, Ambivert memang tipikal orang yang seperti itu. Namun, kepribadian yang satu ini mudah menyesuaikan diri. Ambivert tahu kapan dia harus bicara dan kapan dia hanya diam dan mendengarkan.




3. suka menyendiri. Ambivert termasuk suka dengan kesendirian namun itu tidak akan berangsur lama karena ambivert akan  gerah dan mudah bosan. Ambivert nyaman pada suasana yang ramai dan sepi tergantung dari suasana hatinya. 

4. Tidak seperti introvert, apabila bercengkama dengan lawan bicaranya akan langsung to the point dan lebih senang dengan pembicaraan yang lebih dalam, atau ekstrovert yang suka basa-basi dulu dan membicarakan hal-hal yang umum, seorang ambivert suka dengan basa-basi juga namun mereka akan lebih tertarik pada pembahasan yang sesuai dengan ketertarikan mereka. Mereka juga terbuka dengan pembicaraan yang berbau umum atau mengarah ke intim (deep conversationalist).

5. Ambivert akan mengeluarkan sisi humorisnya dan terlihat lebih banyak bicara pada orang-orang terdekatnya saja, kalau berhadapan dengan banyak orang ia akan menutup diri dan cenderung pemalu.




6. saat liburan mau itu di pantai, mall, taman atau di rumah sekalipun tidak akan menjadi masalah baginya, tergantung dimana kenyamanan dan mood si ambivert. 

 

7. Ambivert juga tidak mempermasalahkan ketika dihadapkan dengan pekerjaan  yang dilakukan dengan  berkelompok atau sendiri, yang penting selesai dan mengerjakannya secara optimal.



8. ada sisi ekstrovert dan introvert dalam dirinya. Jadi, dia bisa introvert bisa juga ekstrovert. Mereka mempunyai kualitas Ekstrovert namun juga punya ciri-ciri introvert. Ambivert yang senang bersosialisasi dengan banyak orang namun terkadang merekapun senang menyendiri.

9. populasi orang ambivert di dunia lebih dari 38%. Populasi yang cukup banyak. Namun umumnya, mereka tidak menyadari kepribadian ini.



10. Mereka bisa bergaul dengan ekstrovert dan introvert karena mereka mudah menyesuaikan diri. Dia mampu menjadi introvert saat berhadapan dengan introvert dan mampu menjadi ekstrovert saat berhadapan dengan ekstrovert.



11. suka hangout juga namun hanya orang-orang terdekatnya. Karena seorang ambivert lebih nyaman jalan bersama teman dekatnya. Menariknya, teman terdekat ambivert tidak lebih dari 4 orang.



12. Ambivert bahkan bingung dengan kepribadiannya sendiri. Karena, ambivert yang dapat berpindah kepribadian tergantung kondisi. Namun uniknya, mereka mudah mengetahui kepribadian orang lain.




 

13. si Ambivert sangat suka dengan keramaian, namun saat energinya mulai low maka dia lebih membutuhkan kesunyian untuk mengistirahatkan dirinya.




Komentar

Postingan Populer